Home » » Contoh Pidato Bahasa Indonesia

Contoh Pidato Bahasa Indonesia

Materiku - Untuk pertama kalinya nih, admin mau berbagi artikel tentan Contoh Pidato Bahasa Indonesia. Pidato adalah suatu hal yang sangat penting karena berhubungan dengan orang banyak. Oleh karena itu, Pidato itu suatu hal yang berkaitan erat dengan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Sebelum kita berbicara tentang Contoh Pidato Bahasa Indonesia, Kita belajar terlebih dahulu mengenai Susunan-Susunan Pokok Pidato. Karena jika tidak ada susunan maka tak ada Objek yang dihasilkan. Baiklah, Admin tidak akan berlama-lama disini, Mari kita lihat Susunan Pokok Pidato, setelah itu kita baca Contoh Pidato Bahasa Indonesia.

SUSUNAN POKOK PIDATO

Dalam sebuah pidato, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, terutama pada susunan / urut-urutan dalam penyampaian isi pidato agar dapat diterima oleh orang banyak dengan sopan dan tertata rapi. Adapun urut-urutan dalam sebuah naskah pidato dapat seperti dibawah ini :
1.    Salam Pembuka
Salam pembuka dapat dilakukan dengan berbagai cara, bagi yang beragama islam dapat dilakukan dengan mengucapkan salam Assalamu’alaikum Wr. Wb, bagi yang selain beragama islam dapat menyapa menggunakan ucapan selamat pagi, selamat siang, selamat malam kepada para hadirin sekalian.
Setelah mengucapkan salam dilanjutkan dengan ucapan terima kasih atas kedatangan tamu undangan yang hadir dalam acara tersebut, dengan menyebutkan nama tamu undangan diurutkan dari yang mempunyai jabatan / kekuasaan paling tinggi pada acara tersebut.

2.    Pembukaan
Pembukaan berisi tentang ucapan terima kasih kepada tamu undangan yang telah hadir memenuhi undangan dan ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa serta ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang bersangkutan dalam acara tersebut.

3.    Isi
Isi merupakan segala sesuatu yang menjadi maksud dari pidato tersebut untuk disampaikan kepada tamu undangan pada acara tersebut.

4.    Kesimpulan
Kesimpulan merupakan inti pokok dari isi pidato yang dibuat ringkas agar maksud pidato tersebut dapat diterima dengan mudah dan dapat diterima oleh para tamu undangan.

5.    Harapan
Pada harapan ini berisi mengenai harapan dari diadakannya acara tersebut yang disampaikan kepada tamu undangan melalui sambutan pidato tersebut.

6.    Penutup
Penutup berisi ucapan terima kasih dan permohonan maaf apabila dalam penyampaian pidato terdapat kesalahan baik yang disengaja maupun tidak disengaja yang disampaikan kepada tamu undangan diteruskan dengan salam penutup bagi yang beragama islam.
.
Setelah kita mengetahui urut-urutan pidato, berikut ini ada beberapa contoh Pidato Bahasa Indonesia yang mungkin dapat lebih memperjelas penjelasan di atas, dan dapat digunakan sebagai contoh pembuatan naskah pidato.
.
CONTOH PIDATO DALAM ACARA MENYAMBUT TAHUN BARU

     Assalamu’alaikum Wr. Wb
Bapak-bapak, ibu-ibu dan saudara-saudara serta tamu undangan yang kami hormati.
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan kesehatan kepada kita semua, sehingga pada kesempatan ini kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat semuanya.
Para hadirin semua yang berbahagia. Sebentar lagi kita telah memasuki ” Tahun Baru”, tahun yang merupakan tantangan untuk kita dalam melaksanakan kehidupan dan ibadah kita sebaik-bainya. Tahun kemarin yang dengan berbagai tantangan telah kita lalui dengan selamat, semoga tahun mendatang akan lebih baik lagi. marilah kita mulai tahun baru ini, dengan kita isi “lembaran kertas putih” dengan tinta emas demi kesuksesan di masa mendatang. Semua kejadian di tahun lalu kita jadikan pengalaman yang berharga. Karena pengalaman adalah guru yang paling baik.
Saudara-saudara yang saya hormati, sebenarnya umur kita semakin tahun bukanlah semakin bertambah, melainkan semakin berkurang. Betapa tidak, semisal umur kita kelak 100 tahun dan sekarang usia kita 29 tahun. Maka satu tahun lagi usia kita sudah 30 tahun. Berarti tinggal 70 tahun lagi sisa umur kita. Semakin tua umur seseorang berarti semakin berkuranglah umurnya. Sudah barang tentu umur setiap orang satu dengan lainnya berbeda. Ada yang berumur panjang dan ada yang berumur pendek, semua itu hanya Tuhan yang tahu dan hanya usialah yang bertambah, bila tahunnya bertambah.
Panjang dan pendeknya usia seseorang hanya Tuhan lah yang menentukan. Manusia tidak akan tahu berapakah panjangnya usia nanti. Maka dari itu, marilah dengan kita masih diberi kesempatan buat menjalani hidup ini, kita pergunakan dengan sebaik-baiknya untuk beribadah kepada Tuhan Sang Pencipta Alam Semesta. Kita perbanyak amal kebaikan kita sebagai bekal kita nanti di hari mendatang, yakni setelah kita meninggal dunia. Kapan kita memperbaiki diri kalau tidak mulai dari sekarang? Mulai tahun ini, marilah semua kemaksiatan dan ketidakbenaran / kesalahan yang pernah kita lakukan kita buang jauh-jauh dan tidak akan kita ulangi lagi. Dengan demikian semoga kita dapat termasuk golongan orang-orang yang akan masuk surga. Amiiin.
Demikian saja sedikit kata sambutan dari kami, bila ada kata-kata yang tidak berkenan di hati saudara-saudara sekalian, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Akhir kata dari kami. Selamat malam dan…
     Wassalamu’alaikum Wr. Wb
.
CONTOH  PIDATO DALAM RANGKA PEMILIHAN PENGURUS

     Assalamu’alaikum Wr. Wb
Yang terhormat Bapak …………….. (pejabat bila ada) …………… serta saudara-saudara anggota (organisasi yang saya hormati.
Sebelumnya saya ucapkan banyak-banyak terima kasih kepada para pengurus yang sudah dengan iklhas melonggarkan waktunya untuk kemajuan (organisasi) ini. Ini terbukti dengan adanya kemajuan-kemajuan yang sangat menggembirakan, dengan penuh rasa tanggung jawab yang tak terhingga.
Saudara-saudara sekalian, seperti yang sudah tersurat di dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, bahwa setiap ……………. tahun sekali kita mengadakan Regenerasi atau pergantian pengurus. Dan hari ini sudah waktunya kita mengadakan pelaksanaan penggantian pengurus. Maka untuk itu kita semua akan mengadakan musyawarah untuk memilih pengurus baru, yaitu untuk periode …………… sampai tahun …………..
Daam pelaksanaan nanti, berhubung kita mempunyai pegangan Pancasila, maka pelaksanaan musyawarah ini sedapat mungkin harus bersih dan jujur. Karena ini semua untuk kepentingan kita bersama. Maka dari itu harus dengan suara mufakat bersama.
Mengingat waktunya sudah begitu mendesak, mari kita mulai pembentukan pangurus ini, yang urut-urutannya seperti yang tertulis dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga.
Selanjutnya waktu saya skors terlebih dahulu guna pembentukan calon-calon yang akan diajukan. Waktu bisa kita mulai.
     Wassalamu’alaikum Wr. Wb
.
CONTOH PIDATO DALAM RANGKA PELANTIKAN PENGURUS

     Assalamu’alaikum Wr. Wb
Para hadirin semua yang terhormat, serta saudara-saudara pengurus baru yang berbahagia.
Sebelumnya mari kita bersama-sama mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Mahas Esa setelah kita berhasil melaksanakan pemilihan pengurus baru pada kesempatan yang lalu dengan lancar.
Sekarang setelah pengurus yang baru sudah terbentuk, maka waktu pelantikan akan kita laksanakan dan hasil pemilihan pengurus baru ini secara lengkap akan saya bacakan :
Ketua ……….
   Wakil Ketua I ……….
   Wakil Ketua II ……….
Sekretaris ……….
   Wakil Sekretaris ……….
Bendahara ……….
   Wakil Bendahara ……….
(dan sebagainya)
Saya percaya, bahwa pemilihan pengurus ini berdasarkan kekeluargaan, umum, bebas dan rahasia. Semoga cara demikian bisa kekal, hingga pemilihan  ditahun-tahun berikutnya.
Yang kami harapkan mudah-mudahan para pengurus baru mau mencontoh petunjuk-petunjuk dari pengurus lama dan bisa berupaya meningkatkan kemajuan-kemajuan organisasi.
Untuk selanjutnya peantikan pengurus baru ini akan kami mulai, kami minta kepada semua pengurus baru yang sudah kami bacakan di muka harap berdiri sebentar. Untuk selanjutnya akan kami lantik secara simbolis (upapacara pelantikan).
Akhirnya cukup sekian saja acara pelantikan ini, apabila ada kesalahan dan kekurangan dalam melaksanakan acara ini kami minta maaf yang sebesar-besarnya.
Akhir kata dari kami, selamat pagi dan…
     Wassalamu’alaikum Wr. Wb
.
CONTOH PIDATODALAM RANGKA PERESMIAN GEDUNG SMP

     Assalamu’alaikum Wr. Wb
Yang terhormat Bapak (MUSPIKA) beserta ibu yang terhormat ……………. (pejabat lain yang diundang), Bapak-bapak Guru, ibu-ibu guru, dan saudara-saudara semua yang saya hormati.
Terima kasih sekali kepada pembawa acara yang telah memberikan waktu kepada saya supaya memberi sambutan mengenai peresmian gedung SMP seperti yang telah tercantum dalam acara.
Saya sebagai ketua Pembanguanan Gedung SMP ………………………… mengucapkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, serta mengucapkan terima kasih yang banyak kepada Bapak-bapak, ibu-ibu serta saudara-saudara yang telah memberi sumbangan yang berbentuk apa saja, hingga terwujud gedung SMP ini.
Tidak ketinggalan pula saya ucapkan banyak-banyak terima kasih kepada Pemerintah yang telah memberikan subsidi untuk pembangunan gedung SMP ini, melalui pejabat Pamong Desa.
Saya atas nama ketua panitia Pembangunan gedung SMP ini tidak bisa memberikan apa-apa, kecuali hanya mengucapkan terima kasih dan puji syukur, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan balasan yang berlipat ganda kepada semuanya.
Tidak lupa juga saya mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada saudara ……………. sebagai pemborong beserta bawahannya yang sudah menyelesaikan tanggung jawabnya, membangun gedung ini hingga selesai dengan baik dan tepat waktu. menyelesaikan pembangunan gedung bermutu tinggi, baik dan tepat waktu bukanlah pekerjaan yang mudah, melainkan perlu perjuangan yang gigih, jujur, dan tanpa pamrih.
Para hadirin yang terhormat, dengan selesainya pembangunan gedung SMP ini, bersyukurlah sudah cita-cita masyarakat menjadi kenyataan, menjadi terwujud. Daerah kita telah punya gedung SMP sendiri yang megah dan lengkap. Dengan begitu putra-putri kita bisa menimba ilmu di gedung ini. Karena putra-putri kita merupakan tunasnya bangsa, maka marilah kita rawat gadung ini sebaik-baiknya. Dengan menjaga kelestarian gedung ini sebenarnya lebih berat dari pada membangunnya itu sendiri. Bila gedung ini tetap lestari hingga berpuluh-puluh tahun, maka generasi berikutnya tetap bisa menikmati pula hasil jerih payah kita bersama.
Pelaksanaan peresmian gedung ini nanti akan dilakukan oleh Bapak (pejabat) ……………… yang sudah ditulis dalam daftar acara ini.
Saya kira sambutan saya cukupkan sekian, bila ada kesalahan / kekuranga dalam sambutan ini, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Akhir kata, selamat pagi dan…
     Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Demikianlah Artikel tentang Contoh Pidato Bahasa Indonesia. Semoga dapat membantu temen-temen semua, baik dalam referensi maupun dalam kajian proses belajar mengajar di kelas.

BACA ARTIKEL LAINNYA JUGA :

Lowongan Kerja Terbaru
Sewa Mobil
Sewa Mobil

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Materiku - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger